CARA BERBISNIS “SEMBAKO”
ALA:
(Indonesia, Cina, Jepang, Singapura, Malaysia Inggris, Arab )
Oleh: Ferirur Rahman
CARA BERBISNIS “SEMBAKO”
ALA CAMPURAN
(Indonesia,
Cina, Inggris, Jepang, Arab, Singapura, Malaysia)
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha sembako adalah bisnis yang diminati oleh banyak
kalangan, baik yang memiliki modal besar maupun kecil. Semakin hari semakin
menjamur saja orang yang memiliki usaha sembako, karena setiap orang pasti
membutuhkan sembako. Kita harus pandai dalam mengelola usaha sembako ini agar
sukses atau paling tidak menghasilkan pemasukan setiap harinya. Berikut ini ada
beberapa tips yang berguna untuk diterapkan dalam bisnis menjalankan bisnis
sembako yaitu:
-Sembako merupakan kebutuhan setiap orang, maka dari itu
tidak ada halangan dalam menjual barang-barang sembako hanya saja diperlukan
packaging produk, cara menjual, dan cara menawarkan produk agar berbeda dari
yang lainnya.
-Carilah tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh
orang banyak, tempat usaha harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari.
Jangan mencari tempat usaha yang susah dijangkau atau terselubung.
-Harga dapat menentukan barang Anda laku dijual atau tidak.
Dalam menentukan harga sebaiknya mengacu pada dua pendekatan, yaitu pendekatan
produksi dan pendekatan pasar. Pendekatan produksi adalah menjual sembako
dengan mengambil keuntungan di atas biaya produksi/ operasional, sedangkan
pendekatan pasar adalah menjual dengan standar harga pasar. Jual barang sembako
dengan harga yang kompetitif.
-Promosikan barang dengan kejujuran sebab hanya inilah yang
dapat mendongkrak jualan kita. Jika diperlukan berikan diskon harga pada
pelanggan yang setia.
-Layanilah konsumen dengan ramah tamah, karena pada dasarnya
kita tidak hanya menjual barang saja, secara riil kita juga menjual jasa dalam
bentuk pelayanan. Berikanlah kehangatan pada konsumen yang berbelanja di toko
Anda. Buatlah agar konsumen atau pelanggan merasa dialah orang yang paling
penting di mata kita.
-Jangan menjual produk yang tidak sesuai dengan kualitas yang
sebenarnya. Ini akan membuat konsumen kabur.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang ada dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.
Bagaimana
cara usaha kita menjadi laris?
1.3
Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang ada
dapat di tentukan tujuan masalah sebagai berikut:
1. Untuk
mengetahuai cara usaha kita menjadi laris!
BAB 2. PEMBAHASAN
Saudaraku,
semoga Allah memuliakanmu dengan kebaikan-kebaikan, dan semoga Allah menolong
saudara kita di atas dengan kemurahan-Nya. Amin. Saat Anda menghadapi masalah
apapun dalam bisnis, termasuk masalah yang menjengkelkan,
membuat hati tidak sabar, bahkan kita hampir putus-asa; ketahuilah, jika Anda
menghadapi masalah seperti itu, berarti Anda benar-benar sudah masuk dalam
PROSES BELAJAR bisnis. Jangan lemah, jangan menyerah, sebab Anda sedang mulai
belajar memahami REALITAS bisnis. Inilah cara Allah Ta’ala mengajarkan ilmu
usaha kepada Anda. Sekali lagi, jangan menyerah, jangan putus-asa.
Saudaraku, ketika Anda sedang berjualan, maka setiap orang
yang melihat dagangan Anda, sebenarnya peluangnya fifty-fifty (50 : 50).
Siapapun dirinya, apakah orang berdompet tebal atau tipis, peluangnya 50 : 50.
Bisa jadi dia akan membeli, atau tidak. Kalau dalam sehari, dagangan Anda
banyak dibeli orang, itu tandanya banyak orang yang memilih opsi (pilihan)
membeli. Kalau dalam sehari, dagangan Anda sepi pembeli, itu tandanya banyak
orang memilih opsi tidak membeli. Tetapi pada awalnya, semuanya 50 : 50.
Prinsip ini harus Anda ingat. Jika suatu saat Anda sepi pembeli, maka di saat
lain akan ramai. Begitu pula sebaliknya.
Saudaraku, jika kenyataan yang ada,
peluang orang tidak membeli dagangan Anda lebih besar daripada
peluang mereka membeli, berarti ada kesalahan-kesalahan, atau kelemahan dalam
cara Anda berjualan. Maka dalam tulisan ini -dengan ijin Allah- akan saya
sampaikan cara memperbaiki cara kita berjualan. Harapannya, semoga nanti
dagangan Anda lebih laku dan lancar, dengan pertolongan Allah.
Ketika Anda memulai membuka sebuah
toko, gerai, outlet, stan, warung, atau berjualan dengan gerobak di pinggir
jalan, atau berjualan asongan, apa yang ada dalam pikiran Anda? Apakah
Anda membayangkan, dalam sehari akan laku sekian-sekian, lalu untung sekian,
sehingga sebulan dapat sekian-sekian? Apakah Anda membayangkan, orang-orang
akan datang berjubel antri membeli barang Anda, sampai mereka harus diatur
dengan kupon antrian? Dan seterusnya dan seterusnya.
Berikut ini sebuah PRINSIP
BESAR yang harus selalu Anda ingat, sebelum membuka sebuah toko, gerai,
warung, atau berdagang dengan cara apa saja yang Anda mampu.
Sebelum Anda memutuskan untuk
berjualan ini dan itu, membuka toko ini dan itu, menerapkan strategi ini dan
itu, maka POSISIKAN DIRI ANDA SEPERTI KONSUMEN ATAU PEMBELI. Anda jangan
memposisikan pandangan Anda seperti seorang pedagang, tetapi harus seperti
konsumen. Kalau menuruti nalar pedagang, cenderung selalu subyektif.
Para pedagang tidak ada satu pun yang mau mencela bisnisnya sendiri. Maunya
selalu disebut baik terus. Tetapi kalau mengikuti nalar konsumen, hal
itu akan lebih mendekatkan kepada keberhasilan. Bagaimana caranya? Caranya,
Anda ajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri: “Kalau saya sebagai
konsumen, alasan apa yang membuat saya berminat membeli barang di toko ini?”
Padahal toko itu sebenarnya adalah toko Anda sendiri. Tapi disini Anda mencoba
berpikir seperti para konsumen. Kalau jawaban Anda atas pertanyaan di atas
sebagai berikut: “Toko ini sungguh tidak menarik, tempatnya lusuh, barangnya
mahal, orangnya judes, 100 % toko ini tidak menarik sama sekali. Lebih baik
beli ke toko China.” Berarti, memang
dalam toko Anda ada banyak masalah yang membuat konsumen enggan membeli.
Termasuk kalau Anda berjualan asongan di pinggir jalan, Anda
juga harus bertanya, “Alasan apa sih yang membuat saya merasa senang membeli
barang-barang ini?” Kalau Anda kesulitan mendapatkan alasan-alasan itu, berarti
para konsumen lain juga tidak jauh beda. Kalau Anda sendiri saja tidak
tertarik, bagaimana orang lain akan tertarik?
1.
FAKTOR FAKTOR PENGLARIS TOKO
[a] Suka karena murahnya. Nah,
ini dia kunci bisnis di Indonesia. Meskipun kemudian banyak orang
menyalah-gunakan kecenderungan orang Indonesia membeli barang murah.
[b] Suka karena kualitas barang yang
dijual standar. Ini penting. Jangan menjual barang yang kualitasnya terlalu
jauh di bawah standar. Masyarakat bisa mengenal barang baik dan buruk. (Kalau
sulit menjual barang yang berkualitas semua, lakukan pencampuran produk.
Sebagian berkualitas bagus, sebagian murah meriah. Ini nanti bisa diterapkan
mekanisme “subsidi silang”).
[c] Suka karena pelayanan yang ramah
dan santun. Ini juga sangat penting. Kita harus bisa “merebut hati
konsumen”, meskipun mereka tidak jadi membeli barang kita. Kalau konsumen sudah
TERKESAN, insya Allah dia nanti akan balik kembali, dan biasanya akan memberi
“promosi gratis”.
[d] Suka karena lokasi mudah
dijangkau. Lokasi yang dekat dengan konsumen, tidak membuat orang kesulitan
datang, itu lebih berpeluang dituju pembeli. Pembeli dimanapun ingin solusi
instan (cepat). Maka jangan dibuat lebih rumit. (Disini ada sisi kelebihan toko
biasa dibandingkan supermarket. Di supermarket ada kasir, bon, dan birokrasi
yang membuat orang malas kesana. Ini harus dimanfaatkan.
[e] Suka karena tempatnya bersih,
rapi, barang-barang ditata secara elok. Daripada membeli di sebuah warung
yang bentuknya seperti “sarang tikus”, lebih baik membeli di supermarket yang
barangnya diatur sangat rapi (bahkan ruangan dibuat wangi lagi). Maka, jagalah
kebersihan tempat usaha Anda.
[f] Suka karena fasilitas memadai.
Misalnya, ada lahan parkir yang cukup, ada tempat sampah, ada satu dua kursi
tempat duduk di depan toko, disediakan tissue gratis, dll. Ini namanya
fasilitas tambahan. Kelihatannya sepele, padahal bisa menjadi nilai tambah
berharga.
[g] Suka karena banyak pilihan. Semakin beragam barang
yang dijual, orang semakin senang. Sebab mereka bisa memilih sesuai pilihan dan
kemampuan.
[h] Suka karena konsep interior yang
menarik. Sebagian orang menyukai toko/gerai/warung yang peduli dengan
estetika (keindahan). Semakin bagus konsep estetika-nya, insya Allah semakin
baik. Tetapi juga jangan terkesan mewah, rumit, komplek; nanti orang malah takut
datang kesana, karena dianggap terlalu wah. Jadi, tampilan estetik itu bisa
diatur dengan biaya rendah, konsep simple, tapi efek maksimal.
[i] Suka karena penampilan
pedagangnya rapi dan bersih. Barangnya bisa sama, harganya bisa sama,
tetapi kalau penampilan penjualnya berbeda, konsumen lebih suka memilih penjual
yang “sedap di pandang”. Misalnya, ketika sedang jualan Anda terlalu sering
membersihkan hidung Anda dengan jari-jari, dijamin para pembeli akan menjauh.
“Hih, ngapain membeli makanan di “para penambang” hidung. Amit-amit deh,” kata
konsumen nanti.
[j] Suka karena Allah menolong
perdagangan Anda. Caranya, banyak-banyaklah istighfar kepada Allah.
Istighfar ini akan membuka pintu-pintu pertolongan Allah. Tetapi istighfarnya
jangan keras-keras, kalem saja, pelan-pelan, kalau bisa lirih (seolah bibir
Anda tidak terlihat bergerak). Selagi tidak bicara dengan orang, terus
istighfar, insya Allah hal ini akan membuat hati manusia cenderung kepada usaha
Anda.
BAB.3 PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dalam praktiknya, Anda silakan mengadakan faktor-faktor di
atas sekuat kemampuan. Tidak harus semuanya disediakan. Semampunya saja. Tetapi
pada faktor-faktor yang mampu Anda sediakan itu, lakukan MAKSIMALISASI.
Maksimalkan faktor-faktor tersebut, terutama untuk menutup faktor-faktor lain
yang tidak sanggup Anda penuhi. Sekaligus demi rasa syukur kita kepada
Allah Ta’ala. Cara mensyukuri nikmat Allah, salah satunya dengan memaksimalkan
karunia yang Dia berikan.
Nah, demikian. Semoga saran-saran ini bermanfaat. Teruslah
berusaha, jangan putus harapan. Insya Allah ada kemenangan dan kejayaan di
balik usaha-usaha Anda. Allahumma amin ya Karim.
Walhamdulillah
Rabbil ‘alamiin.
3.1 SARAN
Selamat
berjuang dalam berbisnis Sembako, dengan belajar dari sejarah “benang merah”
Terima kasih PAK NANANG angka yg diberikan sma BAPAK,tembus lagi ahirnya saya sudah buktikan dapat uang kemenangan sebesar 400 juta main togel,jika anda sering kalah main togel hub: PAK NANANG Di No.0895 2373 9843 Di. JAMIN TIDAK KECEWA 100% pasti terbukti Allah membantu kita semua. Amin
BalasHapusPAK NANANG Siap Membantu Segala Masalah Anda.
PESUGIHAN TANPA TUMBAL
UANG BALIK
PROSES PINJAMAN UANG GHAIB
PELARIS USAHA
PREDIKSI TOGEL
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA PAK , NOMOR YANG BAPAK BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB PAK NANANG via telpon di :0895 2373 9843
ATAU KLIK >>
https://goo.gl/FypSdc
ini kisah nyata saya . . . .
BalasHapusperkenalkan nama saya hendra,saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusahan diYogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusahan itu.
Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utang yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud
saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai songo degan nomornya 085 217 519 919 dari sana saya coba menghubungi beliau,awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH,CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL,PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai songo pimpinan pondok pesantren.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksud yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai songo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan klik www.paranormal-kisongo.blogspot.com
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi,Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.Amin
terimakasih telah menulis artikel menginspirasi bagi pembaca...
BalasHapusAplikasi Kasir Warung