Rabu, 19 Desember 2012


 CARA BERBISNIS “SEMBAKO”
  ALA:
(Indonesia, Cina,  Jepang, Singapura, Malaysia  Inggris, Arab )
           Oleh: Ferirur Rahman




CARA  BERBISNIS “SEMBAKO”
ALA CAMPURAN
(Indonesia, Cina, Inggris, Jepang, Arab, Singapura, Malaysia)










BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha sembako adalah bisnis yang diminati oleh banyak kalangan, baik yang memiliki modal besar maupun kecil. Semakin hari semakin menjamur saja orang yang memiliki usaha sembako, karena setiap orang pasti membutuhkan sembako. Kita harus pandai dalam mengelola usaha sembako ini agar sukses atau paling tidak menghasilkan pemasukan setiap harinya. Berikut ini ada beberapa tips yang berguna untuk diterapkan dalam bisnis menjalankan bisnis sembako yaitu:
-Sembako merupakan kebutuhan setiap orang, maka dari itu tidak ada halangan dalam menjual barang-barang sembako hanya saja diperlukan packaging produk, cara menjual, dan cara menawarkan produk agar berbeda dari yang lainnya.
-Carilah tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh orang banyak, tempat usaha harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari. Jangan mencari tempat usaha yang susah dijangkau atau terselubung.
-Harga dapat menentukan barang Anda laku dijual atau tidak. Dalam menentukan harga sebaiknya mengacu pada dua pendekatan, yaitu pendekatan produksi dan pendekatan pasar. Pendekatan produksi adalah menjual sembako dengan mengambil keuntungan di atas biaya produksi/ operasional, sedangkan pendekatan pasar adalah menjual dengan standar harga pasar. Jual barang sembako dengan harga yang kompetitif.
-Promosikan barang dengan kejujuran sebab hanya inilah yang dapat mendongkrak jualan kita. Jika diperlukan berikan diskon harga pada pelanggan yang setia.
-Layanilah konsumen dengan ramah tamah, karena pada dasarnya kita tidak hanya menjual barang saja, secara riil kita juga menjual jasa dalam bentuk pelayanan. Berikanlah kehangatan pada konsumen yang berbelanja di toko Anda. Buatlah agar konsumen atau pelanggan merasa dialah orang yang paling penting di mata kita.
-Jangan menjual produk yang tidak sesuai dengan kualitas yang sebenarnya. Ini akan membuat konsumen kabur.

1.2   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara usaha kita menjadi laris?

1.3     Tujuan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang ada dapat di tentukan tujuan masalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahuai cara usaha kita menjadi laris!



BAB 2. PEMBAHASAN

Saudaraku, semoga Allah memuliakanmu dengan kebaikan-kebaikan, dan semoga Allah menolong saudara kita di atas dengan kemurahan-Nya. Amin. Saat Anda menghadapi masalah apapun dalam bisnis, termasuk masalah yang menjengkelkan, membuat hati tidak sabar, bahkan kita hampir putus-asa; ketahuilah, jika Anda menghadapi masalah seperti itu, berarti Anda benar-benar sudah masuk dalam PROSES BELAJAR bisnis. Jangan lemah, jangan menyerah, sebab Anda sedang mulai belajar memahami REALITAS bisnis. Inilah cara Allah Ta’ala mengajarkan ilmu usaha kepada Anda. Sekali lagi, jangan menyerah, jangan putus-asa.
Saudaraku, ketika Anda sedang berjualan, maka setiap orang yang melihat dagangan Anda, sebenarnya peluangnya fifty-fifty (50 : 50). Siapapun dirinya, apakah orang berdompet tebal atau tipis, peluangnya 50 : 50. Bisa jadi dia akan membeli, atau tidak. Kalau dalam sehari, dagangan Anda banyak dibeli orang, itu tandanya banyak orang yang memilih opsi (pilihan) membeli. Kalau dalam sehari, dagangan Anda sepi pembeli, itu tandanya banyak orang memilih opsi tidak membeli. Tetapi pada awalnya, semuanya 50 : 50. Prinsip ini harus Anda ingat. Jika suatu saat Anda sepi pembeli, maka di saat lain akan ramai. Begitu pula sebaliknya.
            Saudaraku, jika kenyataan yang ada, peluang orang tidak membeli dagangan Anda lebih besar daripada peluang mereka membeli, berarti ada kesalahan-kesalahan, atau kelemahan dalam cara Anda berjualan. Maka dalam tulisan ini -dengan ijin Allah- akan saya sampaikan cara memperbaiki cara kita berjualan. Harapannya, semoga nanti dagangan Anda lebih laku dan lancar, dengan pertolongan Allah.
            Ketika Anda memulai membuka sebuah toko, gerai, outlet, stan, warung, atau berjualan dengan gerobak di pinggir jalan, atau berjualan asongan, apa yang ada dalam pikiran Anda? Apakah Anda membayangkan, dalam sehari akan laku sekian-sekian, lalu untung sekian, sehingga sebulan dapat sekian-sekian? Apakah Anda membayangkan, orang-orang akan datang berjubel antri membeli barang Anda, sampai mereka harus diatur dengan kupon antrian? Dan seterusnya dan seterusnya.
Berikut ini sebuah PRINSIP BESAR yang harus selalu Anda ingat, sebelum membuka sebuah toko, gerai, warung, atau berdagang dengan cara apa saja yang Anda mampu.
            Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan ini dan itu, membuka toko ini dan itu, menerapkan strategi ini dan itu, maka POSISIKAN DIRI ANDA SEPERTI KONSUMEN ATAU PEMBELI. Anda jangan memposisikan pandangan Anda seperti seorang pedagang, tetapi harus seperti konsumen. Kalau menuruti nalar pedagang, cenderung selalu subyektif. Para pedagang tidak ada satu pun yang mau mencela bisnisnya sendiri. Maunya selalu disebut baik terus. Tetapi kalau mengikuti nalar konsumen, hal itu akan lebih mendekatkan kepada keberhasilan. Bagaimana caranya? Caranya, Anda ajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri: “Kalau saya sebagai konsumen, alasan apa yang membuat saya berminat membeli barang di toko ini?” Padahal toko itu sebenarnya adalah toko Anda sendiri. Tapi disini Anda mencoba berpikir seperti para konsumen. Kalau jawaban Anda atas pertanyaan di atas sebagai berikut: “Toko ini sungguh tidak menarik, tempatnya lusuh, barangnya mahal, orangnya judes, 100 % toko ini tidak menarik sama sekali. Lebih baik beli ke toko China.” Berarti, memang dalam toko Anda ada banyak masalah yang membuat konsumen enggan membeli.
Termasuk kalau Anda berjualan asongan di pinggir jalan, Anda juga harus bertanya, “Alasan apa sih yang membuat saya merasa senang membeli barang-barang ini?” Kalau Anda kesulitan mendapatkan alasan-alasan itu, berarti para konsumen lain juga tidak jauh beda. Kalau Anda sendiri saja tidak tertarik, bagaimana orang lain akan tertarik?

1.        FAKTOR FAKTOR PENGLARIS TOKO
 [a] Suka karena murahnya. Nah, ini dia kunci bisnis di Indonesia. Meskipun kemudian banyak orang menyalah-gunakan kecenderungan orang Indonesia membeli barang murah.
 [b] Suka karena kualitas barang yang dijual standar. Ini penting. Jangan menjual barang yang kualitasnya terlalu jauh di bawah standar. Masyarakat bisa mengenal barang baik dan buruk. (Kalau sulit menjual barang yang berkualitas semua, lakukan pencampuran produk. Sebagian berkualitas bagus, sebagian murah meriah. Ini nanti bisa diterapkan mekanisme “subsidi silang”).
 [c] Suka karena pelayanan yang ramah dan santun. Ini juga sangat penting. Kita harus bisa “merebut hati konsumen”, meskipun mereka tidak jadi membeli barang kita. Kalau konsumen sudah TERKESAN, insya Allah dia nanti akan balik kembali, dan biasanya akan memberi “promosi gratis”.
 [d] Suka karena lokasi mudah dijangkau. Lokasi yang dekat dengan konsumen, tidak membuat orang kesulitan datang, itu lebih berpeluang dituju pembeli. Pembeli dimanapun ingin solusi instan (cepat). Maka jangan dibuat lebih rumit. (Disini ada sisi kelebihan toko biasa dibandingkan supermarket. Di supermarket ada kasir, bon, dan birokrasi yang membuat orang malas kesana. Ini harus dimanfaatkan.
 [e] Suka karena tempatnya bersih, rapi, barang-barang ditata secara elok. Daripada membeli di sebuah warung yang bentuknya seperti “sarang tikus”, lebih baik membeli di supermarket yang barangnya diatur sangat rapi (bahkan ruangan dibuat wangi lagi). Maka, jagalah kebersihan tempat usaha Anda.
 [f] Suka karena fasilitas memadai. Misalnya, ada lahan parkir yang cukup, ada tempat sampah, ada satu dua kursi tempat duduk di depan toko, disediakan tissue gratis, dll. Ini namanya fasilitas tambahan. Kelihatannya sepele, padahal bisa menjadi nilai tambah berharga.

 [g] Suka karena banyak pilihan. Semakin beragam barang yang dijual, orang semakin senang. Sebab mereka bisa memilih sesuai pilihan dan kemampuan.
 [h] Suka karena konsep interior yang menarik. Sebagian orang menyukai toko/gerai/warung yang peduli dengan estetika (keindahan). Semakin bagus konsep estetika-nya, insya Allah semakin baik. Tetapi juga jangan terkesan mewah, rumit, komplek; nanti orang malah takut datang kesana, karena dianggap terlalu wah. Jadi, tampilan estetik itu bisa diatur dengan biaya rendah, konsep simple, tapi efek maksimal.
 [i] Suka karena penampilan pedagangnya rapi dan bersih. Barangnya bisa sama, harganya bisa sama, tetapi kalau penampilan penjualnya berbeda, konsumen lebih suka memilih penjual yang “sedap di pandang”. Misalnya, ketika sedang jualan Anda terlalu sering membersihkan hidung Anda dengan jari-jari, dijamin para pembeli akan menjauh. “Hih, ngapain membeli makanan di “para penambang” hidung. Amit-amit deh,” kata konsumen nanti.
 [j] Suka karena Allah menolong perdagangan Anda. Caranya, banyak-banyaklah istighfar kepada Allah. Istighfar ini akan membuka pintu-pintu pertolongan Allah. Tetapi istighfarnya jangan keras-keras, kalem saja, pelan-pelan, kalau bisa lirih (seolah bibir Anda tidak terlihat bergerak). Selagi tidak bicara dengan orang, terus istighfar, insya Allah hal ini akan membuat hati manusia cenderung kepada usaha Anda.


BAB.3 PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Dalam praktiknya, Anda silakan mengadakan faktor-faktor di atas sekuat kemampuan. Tidak harus semuanya disediakan. Semampunya saja. Tetapi pada faktor-faktor yang mampu Anda sediakan itu, lakukan MAKSIMALISASI. Maksimalkan faktor-faktor tersebut, terutama untuk menutup faktor-faktor lain yang tidak sanggup Anda penuhi. Sekaligus demi rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala. Cara mensyukuri nikmat Allah, salah satunya dengan memaksimalkan karunia yang Dia berikan.
Nah, demikian. Semoga saran-saran ini bermanfaat. Teruslah berusaha, jangan putus harapan. Insya Allah ada kemenangan dan kejayaan di balik usaha-usaha Anda. Allahumma amin ya Karim.
Walhamdulillah Rabbil ‘alamiin.

3.1 SARAN
            Selamat berjuang dalam berbisnis Sembako, dengan belajar dari sejarah “benang merah”

3 komentar:

  1. Terima kasih PAK NANANG angka yg diberikan sma BAPAK,tembus lagi ahirnya saya sudah buktikan dapat uang kemenangan sebesar 400 juta main togel,jika anda sering kalah main togel hub: PAK NANANG Di No.0895 2373 9843 Di. JAMIN TIDAK KECEWA 100% pasti terbukti Allah membantu kita semua. Amin


    PAK NANANG Siap Membantu Segala Masalah Anda.

    PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    UANG BALIK
    PROSES PINJAMAN UANG GHAIB
    PELARIS USAHA
    PREDIKSI TOGEL



    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA PAK , NOMOR YANG BAPAK BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB PAK NANANG via telpon di :0895 2373 9843
    ATAU KLIK >>
    https://goo.gl/FypSdc

    BalasHapus
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya hendra,saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusahan diYogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusahan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utang yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai songo degan nomornya 085 217 519 919 dari sana saya coba menghubungi beliau,awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH,CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL,PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai songo pimpinan pondok pesantren.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksud yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai songo atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan klik www.paranormal-kisongo.blogspot.com
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi,Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.Amin

    BalasHapus
  3. terimakasih telah menulis artikel menginspirasi bagi pembaca...
    Aplikasi Kasir Warung

    BalasHapus