“KENALI
TIPE KEPRIBADIAN
DEMI KARIER YANG TEPAT”
by: Ferirur Rahman
by: Ferirur Rahman
SEPERTI apakah kepribadian Anda? Apakah kepribadian Anda cocok dan
nyaman dengan pekerjaan yang kini tengah Anda jalani? Kalau belum, dalami
kepribadian Anda agar bisa mendapatkan karier yang tepat.
Selain keterampilan yang dimiliki, kepribadian
ternyata juga bisa dijadikan ukuran untuk memilih karier yang tepat. Menurut
teori psikologi yang ada dan sudah diterima di kalangan luas, ada tujuh tipe
kepribadian manusia yang bisa dijadikan ukuran untuk menentukan bagaimana
sebaiknya orang tersebut mencari pekerjaan yang tepat untuknya. Berikut tujuh
tipe kepribadian tersebut beserta saran para ahli untuk pekerjaan yang tepat
untuknya.
1.Pekerja (realistis)
Tipe seperti ini adalah tipe orang yang puas jika berhasil
menyelesaikan pekerjaannya. Mereka suka kegiatan fisik dan bekerja dengan
tangannya.
Karena
tipe pekerja adalah orang yang termotivasi jika mendapatkan pujian, psikolog
sosial Rachelle J Center, penulis “Make the Right Career Move”, menyarankan
agar orang dengan tipe ini menetapkan target per hari atau per minggu. Misalnya
dengan membuat target menyelesaikan tiga pekerjaan per hari. Jangan lupa juga
untuk melakukan penyegaran dengan bersantai atau melakukan hobi agar saat
kembali bekerja, pikiran dan tenaga bisa kembali segar.
2. Pemikir (investigator)
Mereka adalah orang yang selalu penasaran
dengan apa yang terjadi di dunia. Mereka adalah orang yang senang menganalisis
dan menggunakan berbagai metode untuk memecahkan masalah. Gunakan rasa keingintahuan
dan daya analisis tersebut untuk mencari perusahaan dan posisi yang baik bagi
masa depan Anda. Jika sudah menemukannya, tonjolkan kualitas diri dengan
membuat surat lamaran yang tak biasa dan mampu menarik perhatian perusahaan
tersebut.
3. Persuader (orang yang persuasif)
Mereka adalah orang-orang yang senang
berbincang dan memengaruhi orang lain. Karena itulah, penampilan mereka tampak
percaya diri dan memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin. Orang-orang
seperti ini, menurut Canter, adalah orang yang pandai mencari celah dan mampu
mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Mereka bisa menjual kelebihan mereka saat
sedang melakukannetworking atau wawancara kerja.
4. Koordinator
Mereka adalah orang yang peduli terhadap detail. Mereka senang mengorganisasi
dan ingin semua hal berjalan dengan lancar.
Karena
mereka adalah orang yang mampu mengumpulkan semua elemen hingga menjadi sebuah
sistem yang berjalan efektif, elemen-elemen atau orang-orang yang bekerja di
bawah panduannya ialah harta tak ternilai. Jalin kerja sama yang baik dengan
orang-orang itu karena mereka adalah jalan bagi perkembangan karier atau bisnis
bagi tipe koordinator.
5. Kreator (artistik)
Mereka adalah orang-orang dengan pemikiran
yang orisinal, kreatif, dan mudah menyesuaikan diri. Mereka juga senang
berpikir “out of the box”. Gunakan kelebihan beradaptasi saat mencari
pekerjaan. Jangan ragu mencari pekerjaan di luar latar belakang pendidikan atau
pekerjaan yang sama sekali baru karena pekerjaan baru tersebut bisa jadi akan
membuat pikiran Anda semakin kreatif.
6. Penolong
Mereka adalah orang yang punya jiwa sosial tinggi, senang
membantu orang lain, dan senang memberi saran bagi kebaikan orang lain. Cari
tahu apa saja hal yang bisa dilakukan untuk membantu perusahaan tempat melamar
kerja. Cantumkan beberapa ide yang bisa diberikan ke perusahaan tersebut dan
cantumkan di surat lamaran. Jika dipanggil, presentasikan ide-ide tersebut di
hadapan mereka.
7. Pembantu
Mereka punya tingkat kesabaran yang tinggi dan senang menolong
orang lain demi kenyamanan dan kebutuhan orang tersebut. Kebaikan dan ketulusan
tersebut akan menarik simpati banyak orang dan bisa menjadi pintu bagi
kesuksesan seorang bertipe pembantu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar